Jumat, 29 Juni 2012

Taman Nasional Danau Plitvice di Kroasia


     Plitvice Lakes adalah harta alami dari Kroasia. Pembentukan enam belas danau terhubung satu sama lain dan air terjun terjun adalah fenomena alam yang unik. Perairan daerah ini kaya akan mineral dan terus memahat di tanah formasi batuan vulkanis peri. Berjalan di sebuah danau dapat dikunjungi oleh banyak dermaga dan jembatan atau menggunakan kapal pesiar. Taman itu disiapkan beberapa rute bagi pengunjung, yang mengalahkan zajmumereka 2-8 jam. Masuk ke taman adalah 110HRK (sekitar 60 zł) harga adalah independen dari jenis rute yang dipilih. Taman yang ketat larangan api unggun, berenang di danau dan memancing. Bagian tengah dari Kroasia, meskipun masih terlihat tanda-tanda konflik bersenjata juga menawarkan para wisatawan kesempatan besar untuk mempelajari alam Kroasia.
     Taman Nasional Danau Plitvice diberi status Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1979. Keindahan Taman Nasional ini terletak pada enam belas danaunya yang dihubungkan oleh serangkaian air terjun, dan terletak di dalam hutan yang dihuni oleh rusa, beruang, serigala, babi hutan dan spesies burung langka.
Taman Nasional ini mencakup total luas 300 kilometer persegi (116 mil persegi), sedangkan seluruh danau jika digabungkan memeiliki jarak lebih dari delapan kilometer (5 mil).
     Keenam belas danau dipisahkan menjadi cluster atas dan bawah yang dibentuk oleh aliran air dari pegunungan, turun dari ketinggian 636 meter (2.087 kaki) ke 503 meter (1.650 kaki) dengan jarak sekitar delapan km (5 mil), selaras dengan arah selatan-utara. Luas Danau secara keseluruhan meliputi area seluas sekitar dua km persegi, dengan air yang keluar dari danau terendah membentuk Sungai Korana.
Danau ini terkenal dengan warna khas mereka, mulai dari biru menjadi hijau, abu-abu atau biru. Warna-warna ini berubah terus tergantung pada jumlah mineral atau organisme dalam air dan sudut sinar matahari.
     Ada cukup perbedaan ketinggian - titik tertinggi berada pada 1.280 meter (4.200 kaki), titik terendah ada di 380 meter (1.247 kaki) - meskipun perbedaan tinggi total antara danau itu sendiri hanya 135 meter (443 kaki). Veliki Slap adalah air terjun terbesar, dengan ketinggian 70 meter (230 kaki).
Sejarah Singkat
     Danau Plitvice telah menjadi objek wisata utama di akhir abad 19. Hotel pertama dibangun di sana pada tahun 1896, dan pada awal 1893 sudah memiliki komite konservasi - pendahulu otoritas taman nasional saat ini. Pada tahun 1949 pemerintah komunis Yugoslavia menasionalisasi danau dan membuat mereka taman nasional. Taman itu tercatat di Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1979 dengan pengakuan sebagai "keindahan alam yang luar biasa, dan produksi dari travertine (tuff) yang belum tercemar dari tindakan kimia dan biologi".
     Taman ini segera menjadi salah satu atraksi wisata paling populer di Yugoslavia. Namun, pada bulan Maret 1991 menjadi tempat kejadian Danau Plitvice - konfrontasi bersenjata pertama dari Perang Kemerdekaan Kroasia yang mengakibatkan korban jiwa. Taman itu dikuasai oleh pasukan Republik Serbia Krajina selama konflik dan mengalami beberapa kerusakan dalam proses, dengan hotel dan fasilitas lainnya yang digunakan sebagai barak. Pada auto-kamp Grabovac ada kematian warga sipil (tiga anak) dari sebuah shell Angkatan Darat Yugoslavia pada September 1991 [4]. Danau ini direbut kembali oleh Tentara Kroasia pada bulan Agustus 1995 selama Operasi Badai, yang mengakhiri perang Kroasia.

1 komentar:

Noffi soffi :) mengatakan...

nice bud:) kayak di surga..hehe